Review Modul 1 Entrepreneur Syariah Knowlege dan Tsaqofah : Core Value and Guiding Belief

Seri Review Buku, Ebook, Produk Informasi berbahasa Indonesia

Do the Right Thing then Do the Thing Right

Prinsip ini yang sangat ditekankan di Modul 1 bagian 1 Mentoring Entrepreneur Syariah yang membahas tentang Core Value dan Guiding Belief.

Prinsip ini sangat penting dipahami supaya kita tidak terjerumus dalam kesuksesan yang hampa, dalam artian kita dikenal sebagai pebisnis yang sukses .. sangat sukses malah, memiliki reputasi bagus, profit yang tinggi, namun semuanya menjadi tidak ada artinya di hadapan Allah SWT.

Kenapa bisa begitu ?

Hal ini bisa disebabkan karena pilihan bisnis kita yang tidak sesuai syar'i, atau tidak sesuai pedoman yang telah diajarkan dalam metode syariah.

Saya sendiri cukup kaget ketika membaca bagian tulisan dimana pengusaha minyak bumi atau batubara pun masih bisa terbentur dengan prinsip syar'i ini, terutama dari hak kepemilikan pengelolaan produk.

Beberapa contoh profesi lainnya yang diterangkan dalam bab ini sudah cukup familiar sehingga tidak kaget lagi.

Berangkat dari keharusan memilih bisnis atau profesi yang benar inilah  kenapa kita, para pengusaha atau pebisnis muslim harus memahami benar bagaimana prinsip-prinsip syariah ini dijalankan.

Standar Mutu Tinggi

Di banyak perusahaan kita sering melihat adanya patokan yang dijadikan sebagai standar mutu perusahaan. Apakah perusahaan tersebut memiliki standar yang baik atau telah memenuhi pokok-pokok yang disyaratkan sehingga dapat masuk dalam kategori Business Excellence.

Namun patut diingat, bahwa standar-standar  tersebut umumnya dibuat oleh manusia dengan berpatokan pada ilmu bisnis dan manajemen.

Bagaimana jika, sebuah perusahaan bukan hanya bisa memenuhi standar manajemen tersebut, akan tetapi juga memenuhi syarat-syarat syar'i nya ?

Maka bisa dikategorikan perusahaan atau bisnis tersebut berada dalam kualitas Beyond the Business Excellent.

Lalu mengapa bisnis harus sesuai syariah ? Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menjalankan bisnis secara syariah ini ? Bagaimana penjelasan panjang tentang kenapa kita harus memilih jenis bisnis yang benar sebelum benar-benar menjalankan bisnis tersebut ?

Semuanya dibahas dalam modul 1 tutorial Entrepreneur Syariah bagian 1 sebanyak 21 halaman ini. Anda bisa mendapatkan modul Entrepreneur Syariah ini dan membacanya secara gratis dengan mendaftar di halaman ini : Baca Modul 1 Entrepreneur Syariah

Sedangkan untuk mendapatkan tutorial secara lengkap, Anda bisa upgrade keanggotaan dengan mendaftar sebagai Premium Member. Sebelumnya silakan baca keterangan tentang apa itu Entrepreneur Syariah dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti mentoring bisnis syariah ini disini >> Mentoring Bisnis Entrepreneur Syariah

Semoga bermanfaat. Nanti kita lanjutkan lagi dengan review modul 1 Entrepreneur Syariah bagian 2 : 7 Bekal Sukses SyariaPreneur.

Salam Bermanfaat.

 

Pindar,
Blogger & Internet Marketer @ cafebuku.com

Follow ig @ pindar.cafebuku
Add fb @pindar.nurcahya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *